Hello healthies. Salam jurnalistik!

Healthies, apa sih yang terbesit di benak kalian ketika mendengar Kota Semarang? Kota lamanya yang bersejarah? Lawang sewunya? Atau kulinernya? Ada satu lagi nih, tempat wisata di Kota Semarang yang tidak kalah serunya, tidak kalah bagusnya, dan pastinya cocok banget buat jadi referensi tempat wisata bersama orang tersayang. Tempat wisata ini bisa mengajak kalian keliling Jawa Tengah dalam satu hari loh. Nggak percaya?

Namanya, Grand Maerakaca. Sobat healthies sudah pernah dengar tentang tempat wisata ini dong pastinya. Taman wisata ini merupakan bagian dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso. Grand Maerakaca yang sudah lama berdiri ini, akhirnya pada akhir tahun 2016 lalu dapat menarik kembali para pengunjungnya dengan menghadirkan berbagai wahana baru. Bagi kalian yang belum pernah ke sana atau yang berencana akan ke sana, yuk, simak artikel di bawah ini! Di sini kami akan menceritakan keseruan apa saja sih yang ada di Grand Maerakaca.

Grand Maerakaca buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Untuk tiketnya cukup membayar Rp10.000,- per orang. Relatif murah bukan? Nah, Grand Maerakaca ini dikenal sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Di sana kita dapat melihat berbagai macam anjungan khas kabupaten/kota di Jawa Tengah. Totalnya ada 35 anjungan lho, healthies. Tidak hanya anjungan saja, tetapi dilengkapi dengan landmark dan pernak-pernik khas masing-masing kabupaten/kota. Seperti anjungan dari Kabupaten Semarang yang menghadirkan miniatur monumen palagan dan rawa pening yang terkenal dari Ambarawa, Kabupaten Semarang.



Selain anjungannya, ada satu lokasi lagi yang menjadi andalannya Grand Maerakaca, yaitu Trekking Mangrove. Trek bambu sepanjang 135 m ini dirancang mengelilingi hutan mangrove yang desainnya merupakan miniatur Pulau Mandalika dan Karimunjawa. Tidak heran jika wahana ini tidak pernah sepi oleh wisatawan dan menjadi spot foto favorit pengunjungnya. Membawa kamera wajib hukumnya karena banyak spot foto menarik yang instagrammable banget lho. Keindahannya membuat banyak pengunjung rela datang dari luar kota untuk berwisata di Grand Merakaca ini.

Hutan Mangrove

Hanya dengan merogoh kocek tambahan 5.000-10.000 rupiah per orang, pengunjung sudah dapat berkeliling hutan mangrove tanpa merasa lelah. Bisa dengan naik kereta atau wahana air. Di wahana air ada beberapa fasilitas, diantaranya bebek air, sampan, dan perahu yang dapat memuat banyak penumpang. Tapi jangan lupa untuk berhati-hati ya karena sudah ada cerita pengunjung yang tercebur di air walaupun kedalamannya hanya satu meter.

Satu lagi nih, yang menjadi daya pikat Grand Maerakaca, yaitu Jembatan Harapan. Di jembatan harapan ini, kita dapat menggantung kertas harapan bersama orang tersayang. Tidak hanya itu, di sini juga disediakan kursi di sepanjang jembatan bagi kalian yang ingin duduk bersantai sambil menikmati pesona pemandangan hutan mangrove.

Jembatan Harapan



Jika sobat healthies mengajak anak kecil, Grand Maerakaca ini juga menyediakan beragam permainan anak-anak, diantaranya Marry Go Around (Komedi Putar), Kid’s Park, Outbond, Bomcar, Bianglala, dan Istana Anak-anak. Untuk kulinernya jangan khawatir, di sini ada Angkringan Kemambang dimana para penjual menjual makannnya di atas perahu di pinggir telaga.



Namun, ada yang disayangkan dari Grand Maerakaca ini nih kawan, yaitu tidak adanya peta lokasi maupun leaflet yang berisi informasi letak fasilitas dan wahana yang ada. Menurut beberapa pengunjung, fasilitas penunjang seperti jumlah toilet pun masih kurang. Namun terlepas dari hal tersebut, tidak ada alasan untuk tidak datang ke sini. Jangan lupa ajak keluarga atau teman kalian ke sini ya. Mari kita dukung pariwisata di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang dengan meramaikan dan memviralkan berbagai destinasi wisata.

Berani Berkarya di Masa Muda
Hidup Pers Mahasiswa!